Selasa, 26 Juli 2011

Bakosurtanal Laksanakan Soft Launching “Geospasial Untuk Negeri”

Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL) sebagai lembaga negara yang bertugas untuk melaksanakan tugas pemerintahan di bidang survey dan pemetaan, pada hari ini, Selasa, 19 Juli 2011, menyelenggarakan SOFT LAUNCHING “GEOSPASIAL UNTUK NEGERI” di Hotel Mulia Jakarta. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara puncak Peluncuran “GEOSPASIAL UNTUK NEGERI”.

“GEOSPASIAL UNTUK NEGERI” merupakan program kebijakan Pemerintah Indonesia melalui BAKOSURTANAL terkait kegiatan sosialisasi Undang-Undang No. 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial, yang direncanakan akan diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia pada bulan Oktober 2011. Acara Soft Launching kali ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis UU No. 4 tahun 2011 tentang Informasi Geospasial dari Kepala Bakosrtanal, DR. Asep Karsidi, MSc. kepada beberapa perwakilan masyarakat yang hadir.

Undang-Undang No. 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial telah disetujui oleh DPR RI pada tanggal 5 April 2011 dan disahkan oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 21 April 2011.

Informasi Geospasial sendiri didefinisikan sebagai data geospasial yang sudah diolah sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan dan/atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian. Hal ini tentunya sejalan dengan dinamika informasi geospasial yang semakin berkembang di Indonesia maupun di dunia internasional. Informasi Geospasial telah digunakan sebagai dasar perencanaan penataan ruang, penanggulangan bencana, pengelolaan sumber daya alam, dan lain sebagainya. Terkait dengan perkembangan informasi geospasial tersebut, maka kini semakin dibutuhkan ketersediaan Informasi Geospasial yang akurat, dapat dipertanggungjawabkan dan mudah diakses oleh masyarakat. Undang-undang tentang Informasi Geospasial tersebut diadakan untuk menjawab tantangan tersebut di Indonesia.

Puncak Acara Peluncuran “GEOSPASIAL UNTUK NEGERI” yang rencana akan diluncurkan oleh Presiden RI pada bulan Oktober 2011 di Istana Merdeka Jakarta, akan ditandai dengan produk-produk unggulan BAKOSURTANAL, diantaranya adalah:
1. Peluncuran Geoportal Nasional (Indonesian GeoSpasial Portal: Ina GeoPortal);
2. Peta Ekoregion;
3. Atlas Tactile.

Di dalam acara tersebut juga akan digunakan sebagai media peluncuran Badan Informasi Geospasial yang merupakan pengganti dari Bakosurtanal. Perubahan ini merupakan amanat langsung dari undang-undang tentang informasi geospasial. Tidak hanya nama yang berubah, namun tugas dan fungsinya juga akan berubah atau diperkuat sejalan dengan kebijakan nasional informasi geospasial yang tertuang di dalam undang-undang tersebut diatas.
 
Acara Soft Launching “GEOSPASIAL UNTUK NEGERI” pada hari ini yang telah berlangsung dengan lancar, diharapkan dapat memberikan gaung publikasi menyongsong Puncak Acara Peluncuran “GEOSPASIAL UNTUK NEGERI” pada bulan Oktober 2011 mendatang.
 
 sumber : bakosurtanal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar